Selasa, 04 Juni 2013

Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa

Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa

Kategori : Artikel Proses


Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa

Briket Arang tempurung kelapa sampai kapanpun akan dibutuhkan, karena ia adalah salah satu alternatif penghasil energi yang ramah lingkungan. Konsumen dalam maupun laur negeri sangat prefer terhadap produk briket tempurung tersebut. Yang ingin berinvestasi, So jangan khawatir kehilangan pasar pembeli :)
Untuk membuat briket tempurung kelapa ada beberapa hal yang perlu disiapkan, antara lain bahan baku, alat dan mesin proses dan ilmu atau teknik membuat briket tempurung kelapa.
1. Bahan baku
Untuk membuat arang, ada beberapa proses antara lain dengan cara pirolisis atau juga dengan pembakaran melalui drum tertutup. Bedanya adalah proses pirolisis akan menghasilkan asap cair, sementara pembakaran drum tertutup, asap dibuang keluar.
2. Alat dan Mesin
Untuk membuat briket, dapat dilakukan secara manual maupun otomatis, untuk membantu memperlancar proses produksi, mesin otomatis lah yang biasaya dipilih. Alat dan mesinnya antara lain.
Untuk dapat melihat mesin pembuat briket, bisa dilihat disini atau silahkan klik disini.
3. Teknik Proses Pembuatan Briket
  • Pengarangan
    Tempurung kelapa dibuat arang dengan cara pengarangan manual melalui tong kemudian (dibakar) dan ditutup hingga hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang tersebut.  atau dengan cara proses pirolisis, dimana tempurung dimasukkan ke dalam tangki pirolisis dalam keadaan tertutup, kemudian asap dikondensasikan hingga dapat asap cair.
  • Penepungan
    arang yang dihasilkan melalui pembakaran manual atau pirolisis kemudian ditepung menggunakan diskmill
  • Pencampuran media
    Tepung tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan lem kanji. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari  tepung tempurung kelapa.
  • Pencetakan Briket Arang
    Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan briket dan kemudian dilakukan pengovenan maupun penjemuran.
Referensi Mesin briket yang dapat dijadikan acuan pembuatan briket tempurung kelapa, dapat dilihat link ini atau silahkan klik disini.
Sumber :
  1. http://produkkelapa.wordpress.com
  2. http://indonesiancharcoal.wordpress.com
  3. http://www.antarafoto.com/bisnis/v1277276401/briket-tempurung-kelapa

1 komentar:

  1. Tinted in Tinted in Tinted in Tinted in Tinted in Tinted
    Tinted in titanium body jewelry Tinted in Tinted in Tinted in Tinted in Tinted in Tinted in Tinted in Tinted in Tinted in micro touch trimmer Tinted in Tinted microtouch trimmer in Tinted titanium scooter bars in Tinted in Tinted in Tinted in Tinted in how strong is titanium Tinted in Tinted

    BalasHapus